Lembaga Pendidikan yang Bikin Kaki Gemetar

Experiences is the best teacher

Kalimat itu yang terbesit dalam pikiran saat ini, kumpulan kata-kata itu pernah beberapa kali hadir di bagian bawah buku tulis yang sengaja disisipkan oleh pihak percetakan.

Bagaimana tidak, bagi sebagian orang yang belum pernah memberi materi di ruang-ruang formal dalam lembaga pendidikan, selain mental dan ilmu yang ada, kenekadan-lah kawan sejati untuk bisa berdiri kokoh di depan murid-murid (sembari mengusap keringat dingin). Experiences is the best teacher... Pengalaman selama aktif di salah satu ormawa menjadi modal untuk kemudian bisa menangani kaki gemetar, lidah yang tiba kaku, atau melow teringat masa lalu masa sekolah dulu.

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program kampus yang menjadi wajib ada di jurusan pendidikan. Selain sebagai syarat kelulusan, program tersebut menjadi semacam 'kawah candradimuka' bagi mahasiswa jurusan pendidikan mengasah mental, kemampuan, dan kelihaian menjadi seorang guru walau sementara seperti janji-janjimu pak Presiden.

Experience is the best teacher kembali terbesit lagi... Seolah menjadi jampi-jampi ketika jam mata pelajaran yang diampu akan dimulai sembari mengingat-ingat materi ajar yang sudah disiapkan.

Teeeeett teeeettt.. Saatnya jam pelajaran ketiga dimulai. 

Oh sial

Komentar

  1. Tapi seorang guru juga mampu menjadi pengalaman terbaik bagi siswanya.

    BalasHapus
  2. Apalagi kalau jadi guru, bisa menjadi pengalaman bagi murid"nya, sekaligus mendapat pengalaman itu sendiri. Sangat menarik, bukan? Pak guru?😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nyanyi Sunyi Buruh Tempo Hari

The Lost Boy : Sebuah Review

Kudapan Bocah Pesisir